Total Tayangan Halaman

Selasa, 10 Januari 2012

jurnal penelitian 2

Jurnal Penelitian Pendidikan
Volume 27 Nomor 1 Tahun 2010
72
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN
MATEMATIKA TERAPAN I PADA MAHASISWA PROGRAM
DIPLOMA III TEKNIK ELEKTRO UNNES DENGAN METODE
PEMBERIAN TUGAS MELALUI E-LEARNING
Herdi Saputra, Dwi Purwanti
Fakultas Teknik, UNNES, lp2m@unnes.ac.id
Abstrak.
Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi hasil belajar
mahasiswa program studi Diploma III Teknik Elektro UNNES pada matakuliah
Matematika Terapan I. Masalah yang timbul adalah seberapa besar peningkatan
prestasi hasil belajar mahasiswa dapat diperoleh sebagai hasil inovasi metode
pembelajaran matakuliah Matematika Terapan I menggunakan metode pemberian
tugas melalui E-learning, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan prestasi hasil belajar mahasiswa D3 TE UNNES pada matakuliah
Matematika Terapan I sebagai hasil inovasi metode pembelajaran menggunakan
metode tersebut. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa D3 TE UNNES Semester I
yang mendapat matakuliah Matematika Terapan I. Penelitian ini dilaksanakan dengan
menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas ( action research ) yang dirancang
melalui dua siklus. Adapun prosedur tiap-tiap siklus terdiri dari: (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Jenis data yang dikumpulkan
berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dikumpulkan dengan teknik Focus Group
Discussion, observasi, wawancara mendalam, dan pengukuran hasil belajar melalui
tes. Data kualitatif yang terkumpul akan dianalisis berdasarkan model analisis
interaktif melalui empat komponen analisis yaitu: reduksi data, penyajian, penarikan
simpulan dan verifikasi secara simultan. Sedangkan data kuantitqatif dianalisis
dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : Prestasi belajar mahasiswa
cenderung meningkat Hal ini nampak dari peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar
mahasiswa yang semula 62,91 pada siklus I meningkat menjadi 75,29 pada siklus II.
Sementara faktorsemangat belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan menjadi
kriteria baik sebesar 32,87% dan secara umum kualitas pembelajaran meningkat
dengan sangat signifikan yang berkategori baik menjadi sebesar 40.96%.
selengkapnya dapat dilihat di 

2 komentar:

  1. Untuk menguasai ilmu matematika, mahasiswa harus berlatih keras untuk mengerjakan latihan-latihan soal. menurut saya, rendahnya dasar penguasaan matematika mahasiswa adalah kurangnya latihan-latihan soal dan bagaimana pengajaran yang diberikan oleh dosen. karena apabila mahasiswa diberi soal dari dosen tetapi berbeda dari contoh yang diberikan, maka mahasiswa akan merasa bingung untuk mengerjakannya. Demi meningkatkan kualitas pembelajaran, diperlukan suatu metode yang dapat dilakukan suatu proses pembelajaran dengan baik. Dengan adanya metode e-learning, diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran pada mahasiswa program diploma III teknik elektro UNNES. Karena dalam belajar, antara penngajar dan peserta didik tidak harus bertatap secara langsung. Dan juga mampu memberikan keleluasaan waktu dalam belajar serta dimanapun keberadaab kita. Memang benar jika keberhasilan dalam belajar perlu adanya semangat belajar. Semangat belajar merupakan motivasi diri sendiri untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Konsentrasi dalam belajar menurut saya juga diperlukan agar mahasiswa lebih cepat memahami materi yang diberikan oleh dosen. Tetapi sebagian besar mahasiswa, kesulitan/gagap dalam bidang tekhnologi. Jadi, bidang matematika maupun tekhnologi sama-sama sulit jika tidak terbiasa menggunakan/menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus